Uncategorized

Siswa Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Makassar kembali menorehkan prestasi

By April 2, 2022 January 2nd, 2023 No Comments

Siswa MAN 2 Kota Makassar Raih Beasiswa Indonesia Maju-LPDP Luar Negeri

Siswa Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Makassar kembali menorehkan prestasi. Fayyadh Ats Tsaqib Marwan, siswa kelas XI IPA 1 dinyatakan lolos seleksi penerima Beasiswa Indonesia Maju Program Persiapan S1 Luar Negeri 2022 Angkatan 3 Kemendikbudristek. Fayyadh, demikian nama panggilannya, ikut program beasiswa studi lanjut ke luar negeri yang diselenggarakan Kemendikbudristek bekerja sama LPDP Kementerian Keuangan setelah mengikuti tahapan yang ditetapkan Puspresnas Kemendikbudristek selaku penyelenggara.

Untuk mengikuti seleksi tersebut, Fayyadh mendaftar pada laman kemendikbudristek dengan mengunggah tiga esai dalam bahasa Inggris. Pendaftaran dibuka dari 12-31 Oktober 2022. Panitia lalu melakukan seleksi administrasi, prestasi, subtansi, dan wawancara hingga Desember 2022. Sebanyak 107 Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) terbaik di dunia telah ditetapkan sebagai tujuan studi peserta didik penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM). Fayyadh tegolong siswa berprestasi. Pada awal Desember 2022, Fayyadh bersama teman-temannya yang tergabung dalam Tim Robotik MAN 2 Kota Makassar meraih medali emas Kontes Robot Internasional yang diselenggarakan International Robotic Training and Competition di Universitas Tekhnologi Malaysia (UTM) di Kuala Lumpur.

Sebelumnya, Fayyadh juga mempresentasikan hasil risetnya pada seminar internasional IEEE yang diselenggarakan Institut Teknologi Bandung pada Agustus 2022. Hasil risetnya yang berjudul ‘Applying Image Classification for Detect Leaf Disease: Case Study for Porang Plant’ sudah dipublikasikan pada IEEE Xplore yang merupakan database jurnal internasional online yang terindex Scopus. Program Beasiswa Indonesia Maju diperuntukkan bagi peserta didik jenjang SMA/SMK/MA/ sederajat yang berprestasi pada empat bidang, yaitu: a) sains, riset, dan teknologi informasi; b) bidang seni, budaya, dan bahasa; c) bidang olahraga dan bocoran slot gacor kesehatan jasmani; dan d) bidang vokasi dan kewirausahaan di tingkat nasional dan/atau internasional pada beberapa ajang kompetisi. “Alhamdulilaahilladzii bini’matihi tathimmushalihaat (Segala puji bagi Allah yang dengan nikmat-Nya segala kebaikan menjadi lebih sempurna). Saya bisa mendapatkan nikmat ini karena kehendak Allah yang dibarengi dengan do’a dan bimbingan dari orang tua saya serta semua guru saya di MAN 2 kota Makassar, special to my great teacher: Mr. Dedi Rimantho,” ungkapnya dalam keterangan pers, Jumat (30/12/2022). Wakamad Humas MAN 2 Kota Makassar Dedi Rimantho mengapresiasi prestasi Fayyadh. Dia berharap prestasi itu menjadi motivasi bagi adik kelasnya. Kepala MAN 2 Kota Makasaar Darmawati, bersyukur dan mengapresiasi prestasi anak didiknya. “Alhamdulillah, atas kerja sama semua pihak, wali kelas, pembina dan tentu dukungan dan support orang tua ananda (Prof. Marwan, S.T.,M.Eng.Sc.,Ph.D) yang luar biasa, sehingga ananda dapat meraih kesuksesan ini,” ungkapnya.